All about Desainer "Desain Komunikasi Visual"


Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh,,,
Halo teman-teman …
Kali ini aku akan mengulik seputar tentang desainer  profesi,nahh kali ini yang akan kita bahas dimulai tentang apa itu desainer, sikap seperti apa yang harus di miliki oleh desainer itu sendiri ,kita juga melihat peranan desainer untuk masa yang akan datang, dan mencari tahu seberapa besar kebutuhan masyarakat akan ada nya seorang desainer itu sendiri di kehiudpan sehari-hari mereka.

Oke langsung aja yaa kita masuk ke pokok bahasan yang pertama

 Apa sih Desainer itu ?


Desainer adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk merancang sesuatu benda untuk di arahkan atau dimanfaatkan dan memiliki nilai guna yang lebih dari sebuah benda baik secara materi atau non materi.

Seorang psikolog bernama Herbert Simon membuat suatu pernyataan mengenai desainer :

Everyone designs who devises courses of action aimed at changing existing situations into preferred ones

artinya: “Setiap orang mendesain untuk merencanakan serangkaian aktivitas yang bertujuan untuk merubah situasi yang ada menjadi lebih baik”.

Lalu Bagaimana dengan Desainer DKV???

Pelaku yang mewujudkan atau menerjemahkan pesan-pesan (abstrak) ke dalam wujud (kongkrit) yang bisa dilihat. Desainer komunikasi visual merupakan jembatan antara pihak pengirim pesan 
(klien, atau bisa juga dirinya sendiri) dan pihak penerima pesan (target audience).


Sikap Apa yang harus dimiliki seorang Desainer???

Seorang desainer haruslah memiliki sikap yang baik dalam dirinya, dan sikap pertama yang harus dimiliki oleh seorang desainer yaitu
1.     Sopan Terhadap Klien
Hal ini sangat lah penting. Klien tentunya memiliki berbagai macam karakter sebagai klien,baik buruk nya sikap klien terhadap kita tetap saja seorang desainer tidak boleh menghilangkan sikap kesopanan kita terhadap klien.
2.     Tidak pilih-pilih klien, hal ini dilakukan karena seharusnya seorang desainer mampu untuk menghadapi berbagai macam klien entah itu secara fisik atau non fisik.
3.     Memperlakukan klien seperti layaknya seorang raja, bertujuan agar segala yang di lakukan atau dibuat oleh seorang desainer dapat dilakukan dengan semaksimal mungkin sehingga tidak akan mengecewakan klien.
Selain itu seorang desainer juga harus membatasi dirinya dalam merancang sesuatu sesuai dengan keinginan klien, bukan dengan keinginan nya sendiri.
Berpikir dan bersikap positif 
4.     Peka terhadap fakta (pertajam panca indera) dan ingin tahu 
5.     Mampu mengambil keputusan, berpikir kritis, analitis, strategis 
6.     Rethink: Meragukan, terbuka terhadap ide baru, eksplorasi 
7.     Balance (sains-seni, rasio-imajinasi, logika-etika-estetika) 
8.     Apresiasi pada interkoneksi (cross cultural, lingkungan hidup, lintas disiplin) 
9.     Bertanggung jawab terhadap lingkungan dan sumber daya (efisiensi waktu, energi, biaya, tenaga, pikiran, dan ruang) 
10.  Profesional (integritas, etika, waktu).


Sifat seorang desainer juga sangatlah penting , diantara sifat yang harus dimiliki nya yaitu:
-suka kerjakan desains, segala sesuatu yang berhubungan dengan desain sebagai passion dari dirinya.
-jangan sombong dan puas atas hasil yang kita sudah buat sekarang.
-tidak gampang putus asa.

Menurut Markus (1972) terdapat tiga pandangan terhadap peran desainer di masa mendatang: 19

Konservatif yaitu
fokus pada institusi profesional. Tidak berhubungan langsung dengan klien, menunggu komisi dari klien, bekerja di belakang layar, menjadi karyawan bukan konsultan profesional. Seiring perkembangan teknologi atau perubahan karakter klien, desainer mendefinisikan dirinya menjadi pemimpin tim atau mundur ke wilayah awal estetika. 
Aktif yaitu
mencari perubahan dalam masyarakat. Mengasosiasikan diri secara langsung dengan pengguna desain. Tidak memandang diri sebagai pemimpin, namun sebagai ahli kampanye dan juru bicara. 
Spesialis berkeahlian professional yaitu
yang melibatkan pengguna desain dalam proses desainnya. Mengidentifikasi aspek krusial permasalahan (survey secara mendalam), membuat pesan eksplisit, dan menyarankan alternatif dengan menggunakan teknologi atau pengetahuan terbaru yang dapat direspon oleh pihak non desainer. Mengabaikan dominasi dalam proses desain, namun percaya memiliki kemampuan membuat keputusan dan menawarkan solusi terbaik.

Nah Seberapa Besar sih Kebutuhan Masyarakat terhadap seorang Desainer ???

Kebutuhan masyarakat terhadap desainer profesional sebagian besar bergantung pada kebutuhan memecahkan masalah yang ditimbulkan oleh desain sebelumnya dan penggunaan teknologi maju. Setiap tujuan desain memiliki kombinasi masalah yang berbeda menuntut desainer profesional tidak hanya mampu mengerjakan hal teknis, melainkan mampu membuat keputusan desain.
Masyarakat mengalami perubahan yang mendadak dan pesat dan secara budaya tidak dapat diulang kembali. Sehingga proses desain belakangan ini tidak hanya berasal dari perencanaan yang hati-hati, namun muncul sebagai respon terhadap perubahan sosial budaya di mana desain diterapkan.



Contoh sederhana nya saja  desain komunikasi visual sebagai respon dari pemecahan masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

1.     Di negara barat kemasan obat terlihat mirip, berbentuk silinder berwarna oranye. Berawal dari kesalahan neneknya meminum obat milik kakeknya, Deborah Adler memikirkan bagaimana agar sang nenek tidak salah lagi mengambil obatnya. Kemasan silinder memang menyulitkan pembacaan dari kualitas teks, dan perlu memutar botol agar dapat membaca label dengan menyeluruh. Oleh karena itu ia mendesain kemasan yang mudah diidentifikasi konsumen.



Kemasan obat oleh Deborah Adler
Ring yang berwarna warni untuk penanda personal.

2.      Pemakaian kertas pembungkus hadiah (kertas kado) sekali pakai merupakan aktivitas yang kurang ramah lingkungan. Dibuatlah desain kain bercorak untuk membungkus hadiah yang dapat dipakai berkali-kali.



Wrapture
Reusable Gift Wrap from cloth, inspired from Bojagi Jungmin Kim.




Nah...sekian dulu yaa sedikit informasi dari aku..
Semoga bermanfaat..
Tunggu next post lagiii yaa
Terimakasih :)


0 komentar:

Posting Komentar

My Instagram